Pantai Watu Lawang


Menjalani Rutinitas setiap minggu yaitu menyusuri pantai di gunungkidul,mencari berita,dan sekedar mengambil gambar,asal jeprat jepret mungkin ada foto yg pas dan bagus.Perjalananku aku awali dari pantai Pok Tunggal lalu saya lanjutkan kebarat.Saya penasaran sekali saat saya mengunjungi pantai pulang syawal ( dulu sering dikenal pantai indrayanti ).jalan-jalan,penasaran dengan bibir pantai yang terlihat sepi.lalu sayapun mencari informai kepada penduduk padahal asli wong gunungkidul.hehe awal mula saya bertanya kepada seorang ibu penjual mi.Buk saya dnger dekat pantai ini ada Pantai lawang buk,bener yah?tanyaku kepadanya.Lalu si ibukpun menjawabnya.iya mas bener,memang tuh disana.(si ibuk sambil menunjukan jarinya Menurut ibu penjual mi, jarak Pantai Watu Lawang tidaklah jauh jika menempuh perjalanan dengan berjalan kaki. Benar saja 10 menit, setelah menyusuri jalanan yang berbatu dan mendaki sebuah bukit kecil maka tampaklah di hadapanku hamparan pantai yang berpasir putihnya. Dari atas bukit aku memandang sekelilingnya dan hanya ada suasana sunyi dan sepi, tak ada orang lain selain diriku. "Wow, pantai ini hanya
 milikku," batinku tersenyum.

Dan asal nama Watu Lawang menurut ibu penjual mi karena di pantai tersebut terdapat Gua Batu yang digunakan untuk upacara adat Nyadranan. Ajaibnya, pintu gua itu hanya terbuka dan bisa dimasuki orang banyak pada saat upacara adat itu saja.Pantai ini sering disebut juga pantai Slili dan Ngandong


Kemudian kuayunkan langkah menuruni undakan batu karang putih untuk menyentuh bibir pantai dan melihat dari dekat yang terkenal sebagai "pintu ajaib" gua yang dipakai untuk upacara adat Nyadranan. Kudaki beberapa karang, kulongokkan kepala, dan yang ada hanyalah lorong gelap dari sebuah gua kecil. Menggidik aku melihat pemandangan itu maka sedetik kemudian aku melompat turun dari batu karang dan kembali memanjakan kaki menyusuri pasir putih Pantai Watu Lawang menikmati kesendirian dan kesunyian di pantai "pribadi" yang jauh dari hingar bingar wisatawan lain.
mungkin cukup ini dulu temen critanya,besuk sambung lagi yakk...
Sekian Terima kasih.semoga bermanfaat...( doc.E N H A )


 

Flickr Photostream

Twitter Updates

Meet The Author